Masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), khususnya IPDN harus melewati beberapa tahap. Salah satunya adalah tes kesehatan. Sebelumnya, selamat untuk kalian yang sudah lolos tahap SKD karena ahap selanjutnya adalah tes kesehatan. Sebelum membahas tips lolos tes kesehatan IPDN, mari ketahui dulu apa saja item yang diperiksa.

Sebenarnya di setiap PTK juga ada tes kesehatan, hanya saja kemungkinan di PTK lain lebih banyak ataupun lebih sedikit, jadi tinggal disesuaikan saja. Untuk seleksi IPDN sendiri, tes kesehatan biasanya dilakukan di RS Polda di tiap provinsi.

Tes kesehatan yang dilakukan pertama adalah pengambilan sampel darah dan urine. Tes darah untuk mengecek apakah peserta seleksi menggunakan narkotika, memiliki penyakit tertentu, atau terkena virus HIV. Begitupun juga dengan tes urine.

Saran, ketika ingin mengambil sampel urine, jangan gunakan urine yang pertama kali keluar karena kemungkinan kotor, jadi setelah dikeluarkan ditahan dulu kemudian dikeluarkan kembali dan itu biasanya lebih bersih.

Kemudian mengukur tinggi badan dan berat badan. Sebenarnya, tidak ada batasan maksimal atau minimal berat badan, yang ada standar tinggi badan. Untuk peserta laki-laki minimal 160 cm dan perempuan minimal 155 cm. khusus untuk peserta dari Papua kira-kira tinggi badannya minimalnya dikurang 3 cm.

Selanjutnya adalah tes mata, yakni tidak boleh buta warna, tidak boleh silinder, maksimal mata minus dan plus adalah 1, dan tidak katarak.

Lalu pemeriksaan THT, untuk melihat kebersihan telinga, hidung, tenggorokan dan mengecek apakah ada sinus di hidung ataupun amandel di tenggorokan.

Pemeriksaan gigi dan mulut untuk mengecek kebersihan gigi dan mulut.

Setelah itu, lanjut foto thorax (dada) untuk melihat keadaan paru-paru, keadaan tulang rusuk, dan tulang bahu.

Terdapat juga tes mengangkat tangan untuk melihat apakah peserta tremor dan memiliki masalah jantung, juga diukur panjang tangan dan telapak tangannya basah atau tidak

Pemeriksaan alat vital untuk melihat apakah ada ambeien dan verikokel

Dan pemeriksaan kaki untuk melihat apakah ada varises dan bentuk kaki apakah normal, X, atau O.

Tips untuk mengikuti tes kesehatan:

  1. Untuk kesehatan paru-paru, kurangi begadang dan jangan naik motor di atas jam 11 malam karena embun yang terhirup akan menjadi flek di paru-paru seperti orang perokok
  2. Tidur yang cukup
  3. Kurangi makanan manis dan berlemak
  4. Konsumsi susu, sayur, dan buah segar
  5. Latihan angkat tangan agar tidak tremor
  6. Memijat kaki untuk mengurangi varises menggunakan minyak zaitun 1-2 kali/hari
  7. Wajib puasa dari jam 7 malam hingga pemeriksaan tes darah dan urine

Sekian informasi mengenai tips lolos tes kesehatan IPDN, semoga bermanfaat!