Penerimaan mahasiswa baru sudah mulai dibuka. Wajar jika siswa kelas 12 mengalami kesulitan ketika memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat serta prospek kerja di masa mendatang. Disini, kami ingin menginformasikan jurusan kuliah dengan prospek karier cemerlang. Ada apa saja ya?

  • Teknik Informatika

Lulusannya akan sangat dibutuhkan bagi perusahan-perusahan karena teknologi akan terus berkembang sepanjang massa. Di jurusan ini, kamu akan diajarkan mengenai programming, software, jaringan website, serta aplikasi. Sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan ini, pastikan kamu menyukai perhitungan dan angka-angka karena sebagian besar mata kuliah yang ada berhubungan dengan angka.

  • Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan ini cocok bagi kamu yang mencintai dunia seni, karena di dalamnya kamu akan diajarkan pada ilustrasi, seni desai, fotografi, animasi, desain web, dan lainnya yang berhubungan dengan seni rupa. DKV menggabungkan seni rupa manual dan digital. Lulusannya dapat bekerja di industri periklanan, percetakan, penerbitan, atau menjadi ilustrator,

  • Desain Produk

Majunya industri kreatif beberapa tahun kebelakang membuat lulusan desain produk memiliki prospek karir yang cemerlang. Ketika mengambil jurusan ini, cobalah mengikuti lomba-lomba desain kreatif sehingga dapat menambah pengalaman serta meningkatkan skill kamu sebelum lulus kuliah.

  • Desain Mode

Seperti diketahui bahwa industri fashion di Indonesia sedang berkembang pesat, terbukti dengan adanya berbagai mode fashion yang silih berganti laku di pasar. Tidak hanya mengembangkan desain mode di dalam negeri, skill kamu dalam mendesain mode fashion juga bisa menarik kancah internasional.

  • Bisnis Digital

Kemajuan di bidang teknologi tidak hanya dimanfaatkan oleh para lulusan teknik informatika lho, tapi hal ini juga dapat dimanfaatkan oleh para lulusan bisnis digital. Jurusan ini akan berfokus pada teknologi digital, mulai dari pemasaran internet, e-commerse, hingga marketing digital.

Peluang kerjanya tentu akan terbuka lebar karena hampir seluruh perusahaan di Indonesia maupun dunia pasti mengembangkan teknologi dalam bisnis mereka agar tetap mampu bersaing dalam industri marketing. Dan pastinya penghasilan yang akan didapat dari lulusan bisnis digital tidaklah sedikit.

  • Tata Boga

Indsustri kuliner dari masa ke masa tidak akan ada matinya, sebab dari situ inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan makanan akan terus berkembang. Hal ini akan membuat para lulusan tata boga memiliki prospek karier yang bagus.

Dengan mengambil jurusan tata boga, tentu kamu akan mempelajari seluk beluk tentang kuliner, seperti bahan yang diperlukan, cara membuat, serta keestetikaan penyajian, hingga pengelolaan manajemen kuliner. Tidak hanya kuliner asli Indonesia, namun kuliner mancanegara turut serta dipelajari seperti kuliner Asia maupum Eropa.

Peluang kerja lulusan tata boga bisa menjadi chef di restoran atau memilih untuk berwirausaha kuliner.

  • Kewirausahaan

Jurusan ini tidak bisa dianggap sebelah mata, sebab sekarang banyak kaum millenials yang memilih menjadi enterpreneur atau wirausahawan yang mengelola bisnisnya sendiri di berbagai bidang atau istilah lainnya adalah bisnis start up.

Di Indonesia sendiri sudah banyak bisnis start up yang berkembang pesat dan kebanyakan CEO-nya adalah anak muda lulusan universitas dalam negeri. Bisinis inipun di Indonesia sudah mencapai lebih dari 1000. Start up ini juga tak luput dari semakin berkembangnya bidang teknologi.

  • Analis Efek

Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui apa itu analis efek. Analis efek/pasar modal adalah tempat transaksi jual beli (Bisnis) untuk saham dan obligasi maupun surat-surat berharga lainnya melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Proses penjualan saham dan obligasi melalui perusahaan sekuritas/ perusahaan efek, transaksiĀ  jual beli saham yang tercatat di BEI perhari mencapaiĀ  5-6 triliun rupiah.

Jurusan ini masih sangat langka, sedangkan perusahaan yang membutuhkan analis efek sangatlah banyak. Perusahaan yang membutuhkan lulusan analis efek antara lain perusahaan terbuka, perusahaan sekuritas, asuransi, dana pensiun, maupun lembaga keuangan. Gaji untuk lulusan analis efek juga terbilang besar, yakni sekitar 5-6 juta/bulan.

Sekian informasi mengenai “jurusan kuliah dengan prospek karier cemerlang”. Semoga bermanfaat!